Baca Tips Mengisi Waktu Liburan Ini

|

Kamis, 02 Juni 2011

iburan sekolah sebentar lagi. Orang tua sudah membuat ancang-ancang anak-anaknya mau dibawa berlibur kemana. Lebih baik kalau para orang tua mengajak buah hatinya untuk berlibur ke luar kota daripada hanya menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, komputer atau bermain game video.

Menurut beberapa ahli, anak-anak setidaknya harus melakukan kegiatan fisik selama 60 menit setiap harinya.

Kelompok atau aliansi untuk generasi masa depan yang lebih sehat, sebuah lembaga nonprofit yang diprakarsai oleh Yayasan Jantung Amerika dan Yayasan William J Clinton yang mengajak melawan obesitas pada anak, menawarkan beberapa tips untuk mengurangi kegiatan menonton televisi dan mengajak anak melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan.


1. Orang tua harus membatasi waktu mereka, anak mereka dan semua orang yang ada di rumah tersebut di depan televisi, internet, menonton DVD atau bermain game video. Matikan televisi selama waktu makan dan berikan kesempatan anggota keluarga menceritakan mengenai pengalaman mereka pada hari itu.

2. Jangan menggunakan waktu di depan layar sebagai hadiah atau hukuman karena akan membuat anak-anak merasa itu lebih penting. Gunakan pujian, dukungan dan  penghargaan untuk setiap kegiatan fisik yang dilakukan anak.

3. Salah satu cara positif dari televisi adalah menonton DVD atau film yang memperlihatkan aktivitas fisik, seperti menari, yoga atau olahraga. Ketika anak anda menonton acara favorit mereka, semangati mereka untuk melakukan kegiatan fisik, seperti melompat, sit up atau push up selama iklan.

4. Bantu anak anda menemukan cara sehat alternatif untuk mengganti waktu di depan layar. Sebagai contoh, ajak mereka berjalan-jalan di taman, bermain di luar rumah atau belajar olahraga baru.

5. Jangan letakkan televisi atau komputer di kamar anak. Sebab, anak dengan televisi dalam kamar mereka cenderung akan menonton televisi 1,5 jam lebih lama dibandingkan anak lainnya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

enak tidur di kamar hahahahaahahaha

cablak loela mengatakan...

emm iia iitu juga sallah satu tips jgha ,,
he e e e e e
:P

Posting Komentar