Biar Belajar Bukan Jadi Hal Yang Membosankan

|

Selasa, 03 Mei 2011

biar sukses kita pastinya harus belajar.Belajar itu nggak mesti di sekolah aja!Semuatempat,semua suasana,semua obrolan pun bisa kita jadikan sebagai objek belajar.Sayangnya kita para pelajar (kebanyakan) mengartikan belajar itu berarti kita baca buku fisika,matematika,bahasa inggris,bahasa jawa,pembukuan,PKn,biologi,kimia,bahasa indonesia,geografi,sejarah,dan lain sebagainya.Nggak cuma baca malah!kita juga dituntut buat inget-inget perkata-perkata yang ada dibuku itu.
Gila aja!!Pelajar juga manusia,kan??Masa’ kita harus apalin itu semua??maksudnya haru inget setiap apa yang kita pelajari,tak mungkin!!
Belajar itu nggak cuma baca dan inget2 buku-buku yang sudah disebutkan itu tadi tapi belajar juga berarti kita nambah ilmu ekstrakulikuler,non akademik gitulah… contohnya kita jadi bisa tau tentang tata krama,sopan santun,dan sebagainya.Tapi yah namanya juga pelajar,kan??Pikirannya belajar itu cuma ngerjain soal sama ngapalin buku.

Kadang juga jenuh kalo belajar dengan cara itu-itu aja.Belajar kebanyakan bagi pelajar itu adalah sesuatu yang boring,membosankan.So,gimana biar belajar kita jadi asik???ada tipsnya…
  1. Baca do’a sebelum belajar,ya iyalah…kalo nggak doa dulu ntar cepet bosen…
  2. Siapkan camilan (jangan banyak-banyak) cuma buat refreshing aja.Jangan dimakan terus makanya!!
  3. Baca perlahan catatan atau buku pelajaranmu,jangan buru-buru.Paling enggak kita bisa tau dan paham,,
  4. Buat catatan kecil setiap kamu selesai baca,ini berguna banget karena suatu saat ketika kita butuhkan,kita nggak perlu buka2 buku catatan,tinggal cari aja dan ketemulah apa yang kita cari dari catatn itu.Selain itu juga kalau ulangan kita belajarnya nggak usah repot2 pake banyak buku karena kita udah punya ringkasan yang mudah dibawa-bawa…
  5. Usahakan tiap kalimat itu DIPAHAMI bukan DIHAPALKAN,inget ya..sekali kamu paham maka selamanya kamu ingat tapi kalau kamu hanya ingat saja,belum tentu kamu paham.Ini sangat dibutuhkan untuk semua mata pelajaran!!
  6. Jangan lesu,Bro!!Semangat!!sekali lemah maka selamanya belajar akan terganggu…
  7. Kalau ada waktu sedikit,baca-bacalah catatan kecil yang udah dibuat dengan begitu lama kelamaan kita akanpaham betul dan hapal.
  8. kalau catatan2 kecil udah numpuk banyak,sendirikan menurut mata pelajarannya jadi gampang nyarinya,juga bedakan menurut bab nya,,urutkan kalau bisa!!
  9. Buat catatan yang rapi,kalau catatan mu rapi pasti kamu akan sering baca tapi kalau berantakan maka kamu akan bosan dannggak menarik untuk baca.
  10. Jangan kamu hilangkan catatan itu,hilang satu kamu bakal kewalahan.
ini penting banget terutama kalau udah mau ujian nasional.Buatlah gaya belajarmu beda jadi nggak bosen!!
Mudah-mudahan semuanya berguna dan prestasimu naik tajam,amiiiiinn…
Ingat!!!keberhasilan selalu didasari dengan semangat!!maka jangan patahkan semangatmu!!!

0 komentar:

Posting Komentar