KAMI PERLU REFRESHING TITIK.

|

Kamis, 24 Maret 2011

Sekitar beberapa hari yang lalu, sekolahku baru saja menyelesaikan UTS (Ujian Tengah Semester) yang dimulai sejak tanggal 18 - 23 Oktober 2010 jadwal yang tertera di kelander dan buku pedoman akademik siswa. Tetapi dalam kenyataannya UTS dimulai pada tanggal 18 - 27 Oktober 2010. Dan pada tanggal 29 & 30 Oktober 2010 seharusnya ada kegiatan KTS 1 (Kegiatan Tengah Semester) yang bertujuan untuk merelaxasi otak siswa untuk selanjutnya siap menerima materi pelajaran kembali seperti biasanya. Refreshing juga menjadi upaya penarikan diri dari rutinitas hidup menuju ke sebuah suasana lain yang dapat membawa dan memberikan perasaan baru dan segar.

Istilahnya setelah baterai habis lalu dicharge. Namun berbeda dengan sekolahku !, setelah UTS selesai pada hari Rabu tanggal 27 Oktober 2010, dan hari Kamis tanggal 28 Oktobter 2010 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, kami melakukan peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan upacara bendera lalu dilanjutkan dengan kerja bakti membersihkan area sekolah, setelah itu pertandingan futsal antar jenjang yaitu gabungan dari kelas X 1- 4, X 5- 6, XI IB (Bahasa) + XII IB, XI IA (Ipa) 1- 3, XI IS (Ips) 1- 4, XII IA (Ipa) 1- 3, XII IS (Ips) 1- 4. Dari kelas- kelas tersebut bertanding sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh panitia yaitu OSIS. Namun sayangnya acara pada hari itu tidak begitu mendapat respon yang baik dari para siswa. Selain karena acaranya mendadak juga saat pertandingan tidak fair play.

Contoh kecilnya, kelas XII IS yang tidak lain dan tidak bukan adalah kelasku bertanding pertama melawan gabungan XI IB + XII IB, bermain tidak fair karena di dalam group futsal kelas XI IB + XII IB terdapat anak XI IS yang kemampuannya juga lumayan dalam bermain futsal. Setelah para suporter XII IS mengetahui adanya kecurangan tersebut kami melaporkan ke panitia penyelenggara, namun tidak mendapat respon yang tegas, katanya ‘tidak apa- apa’, hal seperti ini seharusnya tidak terjadi. Begitu mengetahui adanya kecurangan seharusnya permainan dihentikan sejenak dan didis bagi pelanggar. Selain itu pada saat kelas XII IA 1- 3 bertanding melawan kelas XI IS 1- 4 pertandingan berjalan kurang lebih baru 3 menit dihentikan oleh wasit karena kelas XII IA 1- 3 memakai celana seragam. Memang benar hal seperti itu tidak diperbolehkan memakai seragam saat berolahraga, namun hal ini juga dikarenakan pemberitahuan panitia yang mendadak. Pemberitahuan baru diberikan setelah upacara peringatan HAri Sumpah Pemuda selesai. Otomatis para siswa tidak mempersiapkan.
Dan pada hari Jum’at tanggal 29 Oktober 2010 adalah pelajaran biasa !! Bayangkan ! Di jadwal kalender dan pedoman akademik seharusnya adalah KTS pemirsa, tapi nyatanya?. Ini sungguh membuat kami(siswa) kecewa beraaaaat. Seakan kami belum siap kembali menerima pelajaran. Kami masih perlu refreshing setelah melakukan UTS yang panjang lagi berat. Kami perlu refreshing sejenak untuk mendinginkan otak kami untuk selanjutnya melakukan rutinitas kelas XII yang melelahkan kedepannya. Refreshing adalah hal yang paling dinantikan oleh kelas XII. Kami tidak bisa apabila terus dan terlalu diforsir seperti ini, memang benar kami telah kelas XII yang pada bulan Februari mendatang rencananya akan diadakan UN 2011. Kami perlu belajar dengan keras, dengan giat, rajin, tekun dan anak cucunya. Namun tidak seperti itu terus

0 komentar:

Posting Komentar